Pengertian ISDN
ISDN (Integrated Services Digital
Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas
digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas.
Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh
lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah.
Para pemakai juga memiliki akses
standar melalui satu set interface pemakai jaringan multiguna standar.
ISDN merupakan sebuah bentuk evolusi telepon local loop yang
memepertimbangkan jaringan telepon sebagai jaringan terbesar di dunia telekomunikasi.
Di
dalam ISDN terdapat dua jenis pelayanan, yaitu:
- Basic
Rate Inteface
(BRI)
- Primary
Rate Interface
(PRI)
Latar Belakang ISDN
ISDN
muncul menjadi sebuah sarana telekomunikasi di tengah masyarakat akibat adanya
pertumbuhan permintaan dalam hal komunikasi suara, data, dan gambar, namun
dengan biaya yang rendah dan fleksibilitas yang tinggi. Disamping itu,
perkembangan perangkat terminal CTE memberikan kebebasan kepada pelanggan dalam
memilih alat komunikasi yang berstandarkan ISDN.
Keuntungan
ISDN
1.
ISDN
menawarkan kecepatan dan kualitas tinggi dalam pengiriman data, bahkan
10 kali lebih cepat disbanding PSTN
2.
Efisien. Delam satu saluran saja dapat
mengirim berbagai jenis layanan (gambar, suara, video) sehingga efisien dalam pemanfaatan waktu
Model
Jaringan
1.
Model
Konvensional. Pada masa ini, masing-masing sistem jaringan terpisah, sehingga
pengguna akan mengakses ke masing-masing jaringan untuk tiap keperluan layanan
yang berbeda satu dengan yang lainnya.
2.
Model
awal ISDN. Pada masa ini, masing-masing jaringan merupakan subnetwork
dari ISDN yang dilengkapi dengan sebuah set saluran dan protokol untuk mengakses ke jaringan.
Pengguna terdaftar sebangai pelanggan satu jaringan dengan tetap meminta
layanan yang berbeda ke sistem yang juga masih berbeda-beda, tetapi telah
menggunakan akses yang sama. Hanya sistemnya saja yang masih berbeda.
3.
Model
jaringan ISDN penuh. Pengguna bisa mengakses ke satu jaringan lewat satu jalur
akses yang sama. Sebab sistem ISDN menyediakan dan telah dapat melayani segala
jenis pelayanan yang berbeda-beda
Komponen
ISDN
Sistem
ISDN terdiri dari lima buah komponen terminal utama yang bertugas untuk menjalankan
proses layanannya, yaitu terminal Equipment, terminal Adapter, Network
Termination, Line Termination, dan Local Exchange.
Pelayanan ISDN
Ada beberapa fitur layanan utama
yang ditawarkan oleh sistem ISDN. Yaitu:
1.
Bearer
Service.
Bearer Service merupakan
layanan awal dan dasar yang diperuntukkan bagi pengguna yang baru bergabung
dengan jaringan ISDN. Pengguna baru akan mendapatkan layanan dasar ini begitu
mendaftar sebagai pelanggan ISDN.
Bearer Service menyediakan layanan
transfer mode,transfer rate, dan transfer capability. Layanan ini menunjukkan dan menjelaskan
karakteristik jaringan transmisi yang ditawarkan oleh
operator penyedia jaringan antara terminal pengguna dan jaringan.
2.
TeleService
TeleService adalah layanan yang pada dasaranya telah diberikan dari awal oleh jaringan ISDN, namununtuk menggunakannya harus didukung dari peralatan atau terminal pengguna. Jika pengguna masih menggunakan peralatan standar, maka layanan TeleService ini tidak dapat digunakan.
TeleService adalah layanan yang pada dasaranya telah diberikan dari awal oleh jaringan ISDN, namununtuk menggunakannya harus didukung dari peralatan atau terminal pengguna. Jika pengguna masih menggunakan peralatan standar, maka layanan TeleService ini tidak dapat digunakan.
3.
Supplementary
Service
Supplementary Service adalah layanan tambahan yang
disediakan oleh jaringan ISDN ke pengguna, namun dalam mengaksesnya, pengguna
dibebankan biaya tambahan ketika mengaktifkan
layanan ini. Supplementary Service digunakan bersama dengan layanan
dasar jaringan ISDN.
Aplikasi
yang didukung oleh ISDN
- Teledisket
- PC Workgroup
- Inter LAN
- HiQ Fax
- Video
Conference
- Remote Security Control
- Bank Account
Line
- Teledoctor
- Wide Voice
- Back Up Line
- Ehonk
ISDN di
Indonesia
Aplikasi
layanan ISDN di Indonesia disediakan oleh PT Telkom.
ISDN merupakan hasil evolusi dari PSTN. Proses evolusi ini dilakukan dengan
pelayanan berbasis PSTN, kemudian berubah ke pelayanan SMDS, sampai akhirnya pelayanan ISDN dan
Broadcast-ISDN.
Layanan ISDN di Indonesia
- Direct
Dialling In.
teleponyang tersambung ke jaringan PSTN/ISDN dapat secara langsung
memanggil pesawat cabang STLO.
- Call
Diversion.
Pelanggan yang tidak dapat menerima panggilan dapat mengalihkan
panggilannya ke nomor lain atau ke layanan penjawab (answering service)
- Do Not
Disturb.
Pelanggan yang memang sengaja tidak ingin menerima panggilan untuk suatu
periode waktu tertentu dapat mengalihkan panggilannya ke nomor lain.
- PBX
Line Hunting Service.
Seleksi otomatis dari suatu bundel saluran yang melayani pelanggan ke nomor
direktori umum pelanggan tersebut.
- Three
Party Service.
Pelanggan yang sedang melakukan percakapan telepon dapat menahan
percakapannya dan melakukan panggilan dengan pihak ketiga.
- Freephone. Sebuah nomor khusus dapat
dialokasikan kepada pelanggan dan beban atas setiap panggilan yang
dilakukan kepada nomor ini biayanya dibebankan kepada pelanggan, bukan
kepada pihak yang memanggil.
- Speed
Dialling.
Pelanggan dapat melakukan panggilan hanya dengan memutar suatu kode
singkat atas sebuah nomor tertentu yang sudah diset dan tidak perlu
memutar seluruh nomor lengkap.
- Call
Waiting.
Pelanggan yang sedang melakukan percakapan diberikan tanda bahwa ada
panggilan masuk lainnya.
- Centrex
Service.
Layanan ini umunya hanya terdpat pada PABX dengan menggunakan sentral
telepon PSTN/IDN yang diperlengkap secara khusus.
- Malicious
Call Identification.
Pelanggan dapat meminta identifikasi panggilan yang diterimanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar