HELLOOO !!!

Please read, comment, then follow my blog :)

Selasa, 07 Mei 2013

Definisi Asuransi dan Istilah dalam Asuransi


Berikut merupakan definisi asuransi dari berbagai sudut pandang.
1.      Dari segi Finansial
      Asuransi merupakan suatu metode untuk mengurangi risiko dengan jalan    memindahkan dan mengkombinasikan ketidakpastian akan adanya kerugian           keuangan (finansial). Jadi berdasarkan konsep ekonomi, asuransi berkenaan        dengan pemindahan dan mengkombinasikan risiko.
Tujuannya
Mengurangi ketidak pastian dari hasil usaha yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan.
Tekniknya
Dengan cara mengalihkan risiko pada pihak lain dan pihak lain mengkombinasikan sejumlah risiko yang cukup besar, sehingga dapat diperkirakan dengan lebih tepat besarnya kemungkinan terjadinya kerugian.

2.      Dari segi Hukum
      Asuransi merupakan suatu kontrak (perjanjian) pertanggungan risiko antara             tertanggung dengan penanggung. Penanggung berjanji akan membayar          kerugian yang disebabkan risiko yang dipertanggungkan kepada tertanggung.         Sedangkan tertanggung membayar premi secara periodik kepada penanggung.       Jadi, tertanggung mempertukarkan kerugian besar yang mungkin terjadi      dengan pembayaran tertentu yang relatif kecil.
Tujuannya
Memindahkan risiko yang dihadapi oleh suatu obyek atau suatu kegiatan bisnis kepada pihak lain.
Tekniknya
Melalui pembayaran premi oleh tertanggung kepada penanggung dalam kontrak ganti rugi (polis asuransi), maka risiko beralih kepada penanggung.

3.            Dari segi Sosial
      Asuransi adalah suatu alat sosial yang menggabungkan risiko-risiko individual        ke dalam suatu kelompok dan menggunakan dana yang disumbangkan oleh           anggota-anggota kelompok itu untuk membayar kerugian-kerugian yang     mungkin terjadi pada masing-masing anggota tersebut. Kerugian setiap       anggota dipikul bersama.
      Tujuannya
      menanggung kerugian secara bersama-sama antar semua peserta
      program asuransi.
      Tekniknya
      semua anggota kelompok (kelompok anggota) program asuransi memberikan          kontribusinya (berupa premi )untuk menyantuni kerugian yang diderita oleh     seorang / beberapa orang anggotanya.

Istilah – istilah yang terdapat dalam asuransi :

1.      Premi
Premi adalah Jumlah yang harus dibayarkan untuk memperoleh pertanggungan asuransi yang diinginkan.

2.      Polis asuransi
Polis asuransi adalah suatu kontrak yakni suatu perjanjian yang sah antara penanggung (dalam hal ini perusahaan asuransi) dengan tertanggung, dimana pihak penanggung bersedia menanggung sejumlah kerugian yang mungkin timbul dimasa yang akan datang dengan imbalan pembayaran (premi) tertentu dari tertanggung.

3.      Klaim asuransi
Klaim asuransi adalah permohonan atau pengajuan kerugian konsumen terhadap perusahaan asuransi yang bersangkutan.

4.      Penanggung
Penanggung adalah perusahaan asuransi yang akan memberikan ganti rugi kepada tertanggung atas kerugian yang dideritanya sesuai dengan Polis yang diterbitkannya, secara sekaligus ataupun berangsur-angsur.

5.      Tertanggung
Tertanggung adalah orang yang atas jiwanya diadakan perjanjian asuransi jiwa dimana jenis perjanjian asuransinya diuraikan dalam polis atau individu/badan hukum yang memiliki kepentingan keuangan terhadap barang/property yang dipertanggungkan sehingga ia memiliki hak untuk membeli proteksi asuransi.

6.      Underwriting (Penjaminan)
Underwriting (Penjaminan) adalah Proses penaksiran/penilaian dan penggolongan derajad risiko yang terkait pada calon tertanggung, serta pembuatan keputusan untuk menerima atau menolak risiko tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar