HELLOOO !!!

Please read, comment, then follow my blog :)

Minggu, 25 November 2012

Sumpah Pemuda

SUMPAH PEMUDA
                Sumpah pemuda adalah salah satu tonggak perjuangan bangsa Indonesia terutama kaum pemuda. Pada tanggal 28 oktober 1928 pemuda Indonesia mengadakan kongres pemuda yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai “Hari Sumpah Pemuda”. Proses tertindas dibawah kekuasaan penjajah pada saat itu mendorong para pemuda untuk bertekad demi mengangkat harkat dan martabat orang-orang Indonesia, tekad inilah yang menjadi komitmen rakyat untuk memperjuangkan Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945.

ISI SUMPAH PEMUDA      
·         Sumpah Pemuda versi orisinal
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
·         Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:     
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Panitia Kongres

Sebelum pembacaan teks Soempah Pemoeda diperdengarkan lagu”Indonesia Raya” gubahan W.R. Soepratman dengan gesekan biolanya. Teks Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 bertempat di Jalan Kramat Raya nomor 106 Jakarta Pusat yang sekarang diresmikan Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 20 Mei 1973 sebagai Museum Sumpah Pemuda.
Tahun 2012 ini merupakan peringatan sumpah pemuda yang ke-84. Sebagai pemuda Indonesia, kita wajib mempertahankan semangat pemuda-pemuda pejuang yang terdahulu. Jika dahulu dibuktikan dengan perang melawan penjajah, saat ini kita bisa membuktikan dengan prestasi. Berkreasi di bidang seni dan budaya.  Mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi-prestasi yang diraih hingga dikenal oleh Negara-negara lain. Atau minimal hanya dengan mempertahankan kebudayaan bangsa. Ikut mencintai dan melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia. Misal dengan memakai batik, dan menyukai tarian-tarian tradisional Indonesia. Anak muda yang tak tercerabut dari akar budayanya bahkan bisa berkreasi lebih baik lagi, dan itu adalah yang diperlukan bangsa ini. 

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar