HELLOOO !!!

Please read, comment, then follow my blog :)

Senin, 26 November 2012

Proyek MRT







Kemacetan bukanlah hal aneh lagi di ibukota Jakarta ini. Setiap hari kota Jakarta selalu macet dimana-mana. Banyak solusi alternative yang sudah dilakukan pemerintah untuk menanggulangi kemacetan yang terjadi. Namun, masih saja belum terhindari. Tahun ini direncanakan akan dimulainya proyek baru dalam menanggulangi kemacetan di ibukota ini. Yaitu Proyek MRT.
Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta merupakan Proyek Pemerintah Prov. DKI Jakarta dalam menanggulangi kemacetan yang sering terjadi di Jakarta. Kereta yang dipergunakan bisa KRL ataupun Monorel. Bersama Transjakarta diharapkan proyek ini dapat menanggulangi kemacetan lalu-lintas.
Proyek MRT Jakarta ditujukan untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di Jakarta, menunjang dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta, serta meningkatkan kualitas lingkungan Jakarta, dan juga mendukung mitigasi dampak perubahan iklim.
Pemancangan proyek MRT tahap pertama dilakukan pada akhir April silam, dan diperkirakan akan beroperasi pada tahun 2016.

Jenis lintasan: permukaan, elevated dan subway

Kereta api permukaan (surface)

Kereta api permukaan berjalan di atas tanah. Kereta api seperti ini yang sering dijumpai selama ini. Biaya pembangunannya termasuk  yang termurah dibandingkan yang di bawah tanah atau yang layang.

Kereta api layang (elevated)

Kereta api layang berjalan di atas dengan bantuan tiang-tiang, hal ini untuk menghindari persilangan sebidang, agar tidak memerlukan pintu perlintasan kereta api. Biaya yang dikeluarkan sekitar 3 (tiga) kali dari kereta permukaan dengan jarak yang sama. Di Jakarta ada satu lintasan dari Manggarai ke Kota lewat stasiun Gambir. Pada lintas tengah ini, Manggarai - Kota, tidak ada pintu perlintasan kereta api. Rencana semula untuk lintas timur (Jatinegara - Senen - Kota) dan lintas barat (Manggarai - Tanah Abang), juga akan dilayangkan namun keuangan tidak memadai, sehingga hanya lintas tengah saja yang diselesaikan sementara ini. Rencananya dari Senayan ke Kuningan terdapat lintas layang monorel buatan Malaysia.

Kereta api bawah tanah (subway)

Kereta api bawah tanah adalah kereta api yang berjalan di bawah permukaan tanah (subway). Kereta jenis ini dibangun dengan membangun terowongan-terowongan di bawah tanah sebagai jalur kereta api. Jakarta rencananya akan dibangun subway segmen Dukuh Atas ke Kota dari Proyek MRT DKI Jakarta.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar