HELLOOO !!!

Please read, comment, then follow my blog :)

Selasa, 20 Desember 2011

Tugas 2

Garnis Dara Utami
       2 KA 05
     12110954


Teori Organisasi Umum 02


1.      Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, jelaskan !
·         Pembagian kerja umumnya dilakukan untuk meringankan beban pekerjaan dalam suatu orhanisasi dan agar lebih efisien waktu. Hal ini biasanya dibentuk dalam divisi-divisi yang kemudian anggotanya memiliki tugas masing-masing.

2.      Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi ?
·         Kesepakatan awal atau standarisasi akan mewujudkan kegiatan pendisiplinan yang dilaksanakan untuk mendorong para anggota organisasi agar mengikuti berbagai standar dan aturan karena akan menyulitkan jika ada anggota lain yang tidak dapat mengikuti berbagai standar yang berlaku, hal ini akan mempengaruhi kenerja organisasi kedepannya.

3.      Jika terdapat bentuk organisasi  seperti di bawah ini :

    A




                       I                                II                          III                           IV


  1. Berapa  arus hubungan komunikasi ?
menurut J.E Walters, jumlah arus tata hubungan tersebut bisa dicari dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
R = N ( N - 1 )
Di mana :

R adalah Relationship yaitu tata hubungan yang terjadi sebagai akibat bertambahnya jumlah orang yang melakukan komunikasi.

N adalah Number yaitu jumlah artinya jumlah orang yang ada dalam organisasi atau jumlah anggota organisasi atau bias juga jumlah unit kerja dalam organisasi.

Jadi rumus tersebut di atas menjelaskan secara matematis bahwa jumlah tata arus hubungan ayang ada dalam suatu organisasi sama dengan jumlah orang-orang yang ada dalam organisasi dikalikan jumlah tersebut dikurangi satu.
Sebagai contohnya lihat pada gambar diatas : Pada gambar diatas bias diketahui bahwa jumlah orang yang ada dalam organisasi adalah 5 orang sehingga jumlah arus tata hubungannya adalah sebagai berikut :

R = 5 ( 5 - 1 )
= 5 x 4
= 20

b. Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi !

4.      Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan ?
·         Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Dengan komunikasi yg baik, maka penyampaian informasi/keterangan dapat lebih mudah dimengerti. Bahasa pun menentukan prosesnya, apabila bahasa yang disampaikan kurang kita pahami maka informasi/keterangan menjadi rancu.

5.      Organisasi menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan-keuntungan, sebutkan keuntungan – ketuntungan tersebut dan berikan contoh ?
·         Dalam suatu organisasi memang sangat dibutuhkan formalisasi karena dengan hal tersebut mempermudah penyampaian maksud yg ingin disampaikan. Seperti halnya kita berbicara dengan rekan kerja menggunakan bahasa formal dan lawan bicara kita dapat menilai dan mengerti maksud dari pembicaraan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar