HELLOOO !!!

Please read, comment, then follow my blog :)

Sabtu, 21 April 2012

PERILAKU KONSUMEN


Pengertian
Konsumen                 :   Seseorang yang menggunakan barang atau jasa
Perilaku konsumen : Proses pembelian suatu barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya.
Dua wujud konsumen :
Personal Consumer              : Seorang konsumen membeli suatu produk dan jasa hanya untuk kepentingannya sendiri
Organization Consumer       : Seorang konsumen membeli suatu produk dan jasa untuk    kepentingan organisasi.
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
1)     Faktor sosial                          : status sosial
2)     Faktor personal                     : tingkat ekonomi, gaya hidup, tuntutan pekerjaan.
3)     Faktor psychological             : motivasi, persepsi, perilaku
4)     Faktor cultural                       : kelas sosial, kebudayaan
5)     Keputusan pembelian          : Fully Planned Purchase, Partially Planned Purchase, Unplanned Purchase
Pendekatan perilaku konsumen :
Teori Kardinal            : Dapat dihitung secara nominal
Teori Ordinal             : Teori ini menggunakan kurva indiferensi. Kurva indiferensi adalah mengkonsumsi dua barang yang berbeda secara bersamaan sehinggu menimbulkan kepuasan maksimal.
Perilaku konsumen Indonesia :
1.     Berpikir jangka pendek : Kebanyakan konsumen Indonesia membeli suatu barang hanya dengan berpikir singkat tidak mempertibangkan hal lainnya.
2.     Tidak terencana             : Seringkali kita jumpai bahwa para konsumen indonesia membeli suatu barang tanpa direncanakan.
3.     Suka berkumpul.
4.     Gagap teknologi.
5.     Berorientasi pada konteks : Konsumen Indonesia cenderung membeli suatu barang hanya dengan melihat tampilan luar tanpa tau manfaat sebenernya barang tersebut.
6.     Suka buatan luar negeri : Tidak jarang kita jumpai konsumen Indonesia mencintai karya luar negeri, mungkin karena mengikuti trend, atau karena faktor lainnya.
7.     Beragama.
8.     Gengsi : Dikarenakan gengsi maka para konsumen akhirnya memberi suatu produk agar tidak ketinggalan jaman.
9.     Budaya lokal.
10. Kurang peduli lingkungan.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar