HELLOOO !!!

Please read, comment, then follow my blog :)

Selasa, 11 Januari 2011

BAKTI SOSIAL

Mungkin anda sudah tidak asing dengan kata "bakti sosial" . Ya, ini adalah salah satu kegiatan sosial yang biasa dilakukan di sekitar kita. kegiatan ini biasa dilakukan saat terjadi bencana misalnya, berbondong-bondong orang melakukan bakti sosial untuk membantu mereka yang membutuhkan. Tapi tidak harus menunggu terjadi bencana untuk melakukan bakti sosial ini. Kita bisa datang ke panti-panti seperti panti asuhan, panti jompo, atau panti untuk para penyandang cacat. di tempat-tempat itulah kita bisa melakukan banyak kebaikan yang disebut dengan bakti sosial. Kita bisa menyumbangkan uang, makanan, atau bahkan jasa untuk menolong mereka yang sedang kesulitan. Tujuannya sangat baik, yaitu untuk mengurangi beban yang sedang diderita saudara-saudara kita.
Saya sendiri pernah beberapa kali melakukan bakti sosial. Salah satunya ke panti penyandang cacat di kawasan jakarta barat. Begitu tiba disana, saya dan teman-teman lainnya terdiam. Kami merasa kasihan melihat kondisi mereka yang tidak dikaruniai fisik maupun mental yang sempurna. Kami merasa jauh lebih bersyukur dari sebelumnya. Karena kami lebih beruntung dari mereka. Kami punya fisik yang lengkap dan kami pun bersyukur masih bisa tinggal bersama keluarga di rumah kami sendiri. Tidak seperti mereka yang tinggal di panti itu bahkan dengan kondisi fisik yang cacat.
Sempat tersirat di benak saya, dimana keluarga mereka ? Mengapa mereka ada di panti ini ? Mengapa tidak tinggal bersama keluarganya ? Sungguh miris melihat keadaan seperti itu. Tapi mereka hanya cacat fisik, bukan cacat hati. Mereka bisa merasakan senang, sedih, sama seperti kita. Di panti itu mereka diajarkan berbagai macam. Mereka diajarkan membuat banyak kreatifitas seperti membuat berbagai macam kerajinan tangan, bahkan hasil dari kerajinan tangan itu mereka jual di koperasi panti. Biasanya orang-orang yang berkunjung ke panti itu membeli souvenir hasil kerajinan tangan yang dijual di koperasi panti tersebut.
Sebagian dari mereka juga pandai bermain alat musik. mereka punya group band yang personilnya penyandang cacat semua. Ada juga kelompok vocal group yang memang suaranya sungguh indah. Saya tidak menyangka mereka bisa melakukannya. Mereka tetap semangat menjalani hidup meskipun kondisi mereka seperti itu. . Kunjungan kami ke panti itu sangat bermanfaat. Saya jadi berfikir kalau mereka bisa, saya pasti juga bisa. Dari situ saya merasa sangat bersyukur kepada Tuhan YME atas karunia yang telah Ia berikan kepada saya selama ini. Setelah pulang dari tempat itu saya bertekad tidak akan menyia-nyiakan hidup saya. Saya akan menggunakan hidup saya untuk hal-hal yang bermanfaat untuk saya maupun untuk orang lain. Saya juga ingin berprestasi dan mempunyai kelebihan, seperti yang mereka lakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar