HELLOOO !!!

Please read, comment, then follow my blog :)

Selasa, 20 Desember 2011

TEORI ORGANISASI MENURUT HERBERT SIMON



Teori organisasi.

Menurut Herbert Simon
Menurut Herbert Simon dengan mengembangkan teori perilaku administrasi yaitumenggambarkan bagaimana kerja struktur organisasi dan dukungan pengambilankeputusan pada individu dalam organisasi mencapai derjat tertinggi secara konsisten,disamping kemungkinan terjadinya
boundedly rational behavior
.     Keberadaanorganisasi dengan individu-individu yang ada didalamnya diharapkan mengadopsi dasar-dasar nilai organisasi sebagai petunjuk untuk pengambilankeputusan;
dasar-dasar nilaifactual yaitu peraturan dan prosedur sebagai dasar melakukan kegiatan rutin. Perilakuindividu dalam organisasi adalah bersifat rasional karena polihan perilakunya dibatasi dengan peraturan, dan terkait dengan program-program kerja  organisasi. Karena itu asumsi nilai, kerangka kognitif, peraturan, kegiatan rutin, adalah unsur-unsur yang mengarahkan individu untuk berperilaku rasional.Selanjutnya teori institusi berkembang pesat tahun 1960 an ketika diperkenlkankonsep system terbuka dalam studi organisasi (Scott,2001 : xx). Teori system terbukadistransformasikan melalaui pendekatan yang menekankan pentingnya kontekslingkungan dalam arti luas yang berpengaruh terhadap perubahan organisasi. Kontekslingkungan tersebut;

 Pertama
, menyangkut lingkungan teknis yaitu terkait dengan system produksi instrumental, transformasi input menjadi output.
 Kedua
, kekuatan social budayasebagai lingkungan institusi yang berkembang di tahun 1970 an.
Karena itu institusi dapat dilihat sebagai suatu system produksi dan sebagai system social budaya.Disampingitu karena pengaruh aspek lingkungan tang semakin komplek, maka teoriinstitusi jugan berkembang sesuai dengan perkembangan kompleksitas lingkungan.Pandangan beberapa teoritisi sebagaimana dikemukakan di atas menurut Scottmenunjukkan bahwa teori institusi dapat berkembang dalam berbagai disiplin ilmu,karena itu tidak ada teori tunggal tentang institusi melainkan teori institusi yang ditinjaudari disiplin ilmu tertentu.

Tugas 10

Garnis Dara Utami
       2 KA 05
12110954

1.     Jumlah konfigurasi yang dapat hidup yang digunakan akan dibatasi oleh mode atau apa yang saat ini sedang digemari, merupakan pandangan mengenai batasan konfigurasi standar yang dikemukakan oleh : Mark N. Hagopian
2.     Suatu organisasi dimana wewenang pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada unit sebagai pejabat structural yang memimpin kelompok kerja sebagai para pelaksana dalam suatu bidang pekerjaan dengan keahlian tertentu : ORGANISASI FUNGSIONAL
3.     Dasar organisasi pada operating core dan desain organisasi birokrasi professional, konfigurasi terletak pada : terletak pada bagian operating core
4.     Desain struktur sederhana dapat digunakan atau ditemui dalam jenis organisasi, kecuali :
5.     Pencetus dan yang menciptakan struktur divisional pada tahun 1920, adalah :.Henri Giffard
6.     Suatu organisasi yang tidak mempunyai hierarki yang mantap, tidak ada departemen yang permanent, tidak mempunyai peraturan yang diformalisasi dan tidak terdapat prosedur standar untuk menghadapi masalah rutin, desain organisasi :
7.     Birokrasi mesin merupakan suatu desain organisasi, dengan konsep utama desain ini terletak pada : terletak pada kemampuannya untuk melakukan aktivitas yang distandarisasi dengan cara yang sangat efisien.
8.     Desain struktur divisional lebih tepat penggunaanya pada organisasi dengan criteria sebagai berikut, kecuali :
9.     Suatu organisasi dimana wewenang pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada unit sebagai pejabat structural yang memimpin kelompok kerja sebagai para pelaksana dalam suatu bidang pekerjaan dengan keahlian tertentu, disebut : ORGANISASI FUNGSIONAL
10.  Tata kerja, prosedur dan system merupakan suatu rangkaian yang saling berhubungan satu sama lain, dalam menjamin penerapannya organisasi harus mutlak memiliki, yang disebut : buku – buku pedoman ( manuals )

Tugas 9

1.     Dengan berkembangnya teknologi masalah filing dapat dikembangkan, suatu contoh dalam hal masalah penyimpanan dokumen dapat menggunakan tehnologi : Menggunakan sistem Komputer
2.     Jika suatu organisasi melakukan perubahan, hal apa yang tidak perlu dilakukan perubahan, yaitu : Dengan hal menerapkan sistem terbuka
3.     Suatu system kewenangan yang berfungsi sebagai alat bagi pemerintah untuk melaksanakan program-program, disebut : Organisasi Kepemerintahan
4.     Suatu contoh organisasi yang sederhana adalah : Perusahaan Keluarga
5.     Danny Miller dan Peter H. Friesen dalam desain organisasi memberikan pandangan pada masalah : masalah yang dihadapi oleh manajemen
6.     Henry Mintzberg memberikan pandangan eleman organisasi, elemen yang menyatakan manajemen puncak yang memberikan tanggung jawab seluruh organisasi, disebut :
           a.  Peran antarpribadi 

  1.  Merupakan peran yang melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis.   Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.
            b. Peran informasional
                Meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara.
7.     Suatu rumah produksi sedang menjalani proyek pembuatan film selama 6 bulan, dengan dasar control melalui penyesuaian bersama, maka desain konfigurasi yang digunakan adalah : mutual adjustment
8.     Tata kerja, prosedur dan system merupakan suatu rangkaian yang saling berhubungan satu sama lain, dalam menjamin penerapannya organisasi harus mutlak memiliki, yang disebut:   buku – buku pedoman ( manuals )
9.     Jika suatu organisasi dimana seluruh anggota melaporkan kepada strategic apex, maka desain konfigurasi yang digunakan adalah:  timbulah adhocracy
10.  Dalam evolusi teori organisasi, organisasi mempunyai dua dimensi yang setiap dimensi mempunyai perspektif yang saling bertentangan, pada dimensi pertama organisasi merefleksikan sebagai : komitmen dipandang merefleksikan orientasi afektif terhadap organisasi

Tugas 8


Garnis Dara Utami
       2 KA 05
12110954

1.     Proses kegiatan seorang pimpinan yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara pemikiran ilmiah dan praktis untuk mencapai tujuan yang tetapkan melalui kerja sama manusia dan pemanfaatan sumber daya dan waktu yang tersedia, disebut :
Jawaban : visi 

2.     Suatu cara bagaimana agar sumber-sumber daya yang diperlukan dapat dimanfaatkan dengan setepat-tepatnya sehingga kegiatan menajemen dapat dilaksanakan, disebut :
Jawaban : Tata kerja atau metode

3.     Organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan dapat dilihat sebagai wadah dan sebagai proses, organisasi sebagai wadah akan bersifat :
Jawaban : Statis

4.     Organisasi dapat dikatakan sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, hal ini organisasi dapat dilihat dari segi :
Jawaban :
1) Organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan, dan memperoleh input untuk diolah yang berasal dari lingkungan serta menyalurkan output hasil pengolahankelingkungankembali.
2) Organisasi sebagai sekelompok orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama (Monir H. Thayeb).


5.     Sekelompok manusia yang dengan sengaja dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, disebut :
Jawaban : Organisasi

6.     Organisasi dapat bersifat memberikan suatu kepastian dan ketentuan-ketentuan tentang pelaksanaan hubungan kerja sama manusia, maka organisasi bersifat :
Jawaban : Terstruktur

7.     Organisasi dapat dilihat dari hubungan orang sebagai anggota, dari hubungan ini maka akan muncul yang disebut :
Jawab :Hubungan kekuasaan dan kebiasaan.

8.     Faktor-faktor yang bersifat internal yang mempengaruhi sifat dinamis organisasi, adalah :
Jawab:
a.FAKTORINTERN(DALAM)

  • Tujuan
  • Manusia-manusia
  • Tata hubungan
b.FAKTOREKTERN(LUAR)

a.NONFISIK

  • BersifatKonstitusional-politis
Contoh:UUD,TapMPR,KEPRES,SISTEMPEMERINTAHAN
  • BersifatSosial-politis
Contoh: Partisipasi masyarakat, Parpol, Susunan hidup masyarakat, Peranan kelompok.
  • BersifatSosial-ekonomi
Contoh: Kondisi hidup penduduk, Sumber penghasilan, umlah penduduk, Lapangan kerja.

9.     Dengan sifat dinamis, organisasi dapat melakukan perubahan dan perbaikan, perubahan-perubahan tersebut menyangkut pada hal :
Jawab :  system saluran komunikasi yang digunakan

10.  Cara bagaimana pelaksanaan kerja yang seefisien atas suatu tugas yang diperoleh dengan mengingat segi-segi tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang, jarak, biaya, disebut :
Jawab : Tata kerja

TUGAS 07

Garnis Dara Utami
       2 KA 05
     12110954


1.       Sebutkan keterbatasan yang dimiliki oleh manusia yang menyebabkan manusia harus berorganisasi dalam mencapai tujuan ?

  • Memiliki batasan untuk mengambil alih semua sendiri, artinya tidak ada koordinasi yang baik satu sama lain
  • Membatasi diri untuk bertindak egois tanpa memikirkan pendapat orang lain

2.       Jelaskan definisi organisasi perusahaan menurut Fremont E. Kast dan James E. Rosenzwing tahun 1974 ?

  • Struktur adalah hubungan dari berbagai fungsi atau kegiatan dalam sebuah organisasi.

3.       Kegiatan-kegiatan manajemen menurut Henry Fayol, adalah :

  • Kegiatan Manajerial atau “FAYOL’s FUNCTIONALISM” yaitu:
a.          Perencanaan
b.         Pengorganisasian
c.          Pemberian perintah
d.         Pengkoordinasian
e.         Pengawasan

4.       Sebutkan sumber daya terpenting dalam konsep manajemen oleh seorang manajer atau pimpinan dalam merealisasikan suatu tujuan?

  • Sumber daya manusia yang menunjang dan saling membantu dalam merealisasikan tujuannya
  • Sumber daya informasi

5.       Sebutkan sumber daya yang dapat digunakan oleh suatu organisasi dalam konsep manajemen ?

Sumber daya yang digunakan adalah sumber daya informasi, yaitu :
  • Perangkat keras komputer (Hardware)
  • Perangkat lunak komputer (Software)
  • Spesialis informasi
  • Pemakai
  • Fasilitas
  • Database
  • Informasi

Tugas 6

1.      Sebutkan sumber daya yang dapat digunakan oleh suatu organisasi dalam konsep manajemen ?

 Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
2.      Terdapat dua dimensi dasar di dalam evolusi teori organisasi dan setiap dimensi mempunyai perspektif yang saling bertentangan, dalam dimensi pertama organisasi disebut ?

Dimensi pertama merefleksikan bahwa organisasi itu adalah sistem. Sebelum kurang  lebih tahun 1960, teori organisasi cenderung didomonasi oleh perspektif tertutup. Organisasi-organisasi dipandang berdiri sendiri dan tertutup dari lingkungannya. Akan tetapi mulai sekitar tahun 1960, teori organisasi secara jelas mulai menerima perspektif sistem terbuka. Analisis-analisis yang sebelumnya hanya berfokus kepada karakteristik intern dari organisasi, kemudian berubah menjadi pendekatan yang menekenken pentingnya organisasi memperhatikan peristiwa dan proses yang terjadi di lingkungan ekstern.

3.      Proses pelaksanaan kerja atau operasional organisasi harus sesuai dengan persyaratan mutlak yang diperlukan dalam proses manajemen, maka persyaratan tata kerja yang tepat bertujuan ?



4. Suatu organisasi akan dihadapkan dengan suatu perubahan atau akan melakukan restrukturisasi, maka unsur-unsur apa yang perlu direstrukturisasi ?

Restrukturisasi diartikan sebagai penataan kembali struktur badan/lembaga sehingga kinerja badan/lembaga tersebut dapat lebih efektif dan efisien. Kata efisiensi sering dianalogikan dengan penghematan, yakni usaha-usaha untuk meningkatkan hasil kerja lembaga badan/lembaga sehingga dengan penggunaan sumber daya sekecil mungkin mendapatkan hasil kerja yang sebesar mungkin.
  
5.      Berdasarkan pada aspek-aspek yang mempengaruhi organisasi dengan melihat pada alat manajemen dalam mencapai tujuan, maka organisasi dapat bersifat :

1. Kekeluargaan, yaitu mempunyai nilai dasar keluarga yang saling memberi dan  menerima, saling menolong dan menjaga nama baik sebagai satu keluarga besar.
2. Persahabatan, yaitu berusaha saling mengenal dan bergaul dalam suasana persahabatan yang saling menguntungkan dan saling mempercayai.
3. Nasional, yaitu setiap langkah dan orientasi program atau kegiatannya senantiasa berpijak pada nilai dasar bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan serta berwawasan nusantara yang mencerminkan keberagaman sekaligus persatuan bangsa Indonesia.
4. Internasional, yaitu setiap langkah dan gerak organisasi ini memiliki visi jauh melewati batas teritorial negara dan aktif mempromosikan tata-pergaulan internasional yang berbudaya dan beradab.


Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada :

Faktor lain yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan  organisasi berasal atau datang dari sistem psikososial. Yang menjadi fakta adalah sukses tidaknya suatu organisasi itu tergantung dari bagaimana perilaku atau usaha manusia dalam melakukan tugasnya dalam mencapai suatu tujuan. Sejauh mana kemampuan yang ada dalam diri seorang manusia itu dapat ditunjukkan, seringkali menjadi faktor yang penting dalam mencapai sassaran organisasi. Jadi perubahan moral dan motivasi individu atau kelompok itu besar pengaruhnya. Contoh yang seringkali membuat perilaku manusia berubah adalah seperti terjadinya pengurangan tenaga kerja, merger dan lainnya. Dinamika kelompok dapat meningkatkan atau menurunkan prestasi organisasi. Kemampuan manajemen memimpin dan mempengaruhi perilaku, juga merupakan faktor yang menentukan. Perubahan dalam setiap atau seluruh variable ini dapat menimbulkan perubahan yang nyata dalam prestasi organisasi.

Tugas 5


Garnis Dara Utami
       2 KA 05
     12110954
1.       Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada aspek?
  • Implementasi inovasi structural.
  • Kebijakan / tujuan baru.
  • Area lebih luas.
  • Kelangsungan hidup organisasi

2.       Dalam sifat dinamisnya organisasi, terdapat factor yang dapat mempengaruhinya, yaitu sebutkan ?
  • Faktor Intern (dalam)
1.       Tujuan.
2.       Manusia-manusia
3.       Tata hubungan.
  • Faktor Extern (luar)
A.      Non Fisik
§  Bersifat konstitusional-politis.
§  Bersifat sosial-politis.
§  Bersifat sosial-ekonomi.
§  Bersifat sosial-religius.
§  Bersifat sosial-kultur.
§  Bersifat teknik-teknologis.
B.      Fisik
§  Letak daerah.
§  Keadaan alam (iklim dan cuaca).

3.       Kompleksitas merupakan bagian dari struktur organisasi yang mempunyai arti penting bagi seorang manajer, jelaskan arti penting tersebut ?
  • Dalam struktur organisasi manajer sangatlah berperan penting, sehingga untuk mendukung hal tersebut manajer harus memiliki beberapa keahlian dan pengetahuan manajemen.
1.       Keahlian Manajemen.
§  keahlian komunikasi.
§  keahlian pemecahan masalah.
2.       Pengetahuan manajemen.
§  mengerti komputer.
§  mengerti informasi.

4.       Sebutkan pentingnya suatu organisasi melakukan restrukturisasi pada bidang formalisasi ?
  • Restrukturisasi atau penataan kembali struktur organisasi sehingga kinerja organisasi tersebut dapat lebih efektif dan efisien.

5.       Jelaskan mengapa suatu organisasi lebih baik menggunakan desentralisasi dari pada sentralisasi dalam memanajemen organisasi dan pengambilan keputusan ?
  • Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi.
  • Desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur organisasi. Pada saat sekarang ini banyak perusahaan atau organisasi yang memilih serta menerapkan sistem desentralisasi karena dapat memperbaiki serta meningkatkan efektifitas dan produktifitas suatu organisasi.A